Kamis, 21 Maret 2019

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan


Manfaat minyak ikan dapat diperoleh dengan cara memakan ikannya secara langsung atau dalam bentuk suplemen. Minyak ikan merupakan minyak yang sangat spesial, karena memiliki kandungan omega-3 yang tinggi, selain itu minyak ikan juga mengandung asam lemak esensial yang baik untuk kesehatan, yang tidak diproduksi alami oleh tubuh.
Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan

Terdapat dua jenis asam lemak omega-3 yang terdapat pada minyak ikan, diantaranya eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Omega-3 sendiri banyak diproduksi oleh ikan tuna, salmon, makarel, dan sarden. Tiap 100 gram daging ikan tersebut mengandung kurang lebih 1 gram asam lemak omega-3. Oleh karena itu, minyak ikan banyak mengandung manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat-manfaat minyak ikan untuk kesehatan :

1. Memelihara kesehatan jantung

Para peneliti telah melakukan penelitian terhadap minyak ikan, dan mengemukakan bahwasannya minyak ikan baik untuk kesehatan jantung dan dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Bukan hanya itu, minyak ikan juga bagus untuk menjaga tekanan darah agar tetap terkontrol.

2. Mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak ikan dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan dapat mencegah terjadinya peradangan, sehingga dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

3. Baik untuk ibu hamil


Minyak ikan bukan hanya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan secara umum, tetapi juga baik untuk ibu hamil. Kandungan DHA dan EPA pada minyak ikan dapat mengurangi risiko terjadinya preeklamsia, meningkatkan berat badan lahir bayi dan untuk menghindari terjadinya bayi lahir premature.

4. Baik untuk kesehatan mata

Lemak omega-3 bukan hanya penting untuk kesehatan otak, tetapi juga penting untuk kesehatan mata. Karena pada kenyataannya, orang yang tidak mendapat asupan lemak omega-3 akan memiliki risiko lebih besar terkena gangguan mata. Asam lemak omega-3 juga dapat membantu untuk mengurangi risiko gangguan pengelihatan pada lansia.

5. Membantu mengurangi berat badan dan lingkar pinggang

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi minyak ikan dapat memperbaiki komposisi tubuh dan faktor risiko penyakit jantung pada orang gemuk. Namun, ada salah satu penelitian yang mengatakan bahwa suplementasi minyak ikan dapat menurunkan berat badan pada orang yang mengalami obesitas secara signifikan. Selain itu, manfaat minyak ikan juga dapat membantu untuk mengurangi lingkar pinggang.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: