Selasa, 19 Maret 2019

Manfaat Menjemur Bayi Di Pagi Hari

manfaat menjemur bayi di pagi hari

Menjemur bayi di bawah sinar matahari pada pagi hari merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh para ibu baru. Meskipun aktivitas ini terlihat sederhana, nmaun memiliki manfaat yang baik dan bisa memberi efek yang luar biasa bagi kesehatan dan pertumbuhan bayi.

Bayi yang baru lahir sangat memiliki berbagai macam keterbatasan, karena organ-organ belum berfungsi dengan baik dan sempurna, termasuk organ hati. Hal ini menyebabkan bilirubin tidak dapat diolah dengan semestinya, sehingga kadar bilirubin dalam darah bayi meningkat, yang akan membuat tampilan kulit bayi akan berwarna kuning. Untuk mengatasi hal ini, biasanya pihak medis akan menyuruh anda untuk rutin menjemur bayi di bawah terik matahari pagi.

Namun, manfaat sinar matahari pagi untuk bayi tidak hanya itu. Ada berbagai faktor lain yang bisa buah hati rasakan, seperti hal-hal di bawah ini :

1. Mencegah Bayi Kuning

Ketika kandungan bilirubin pada bayi yang baru lahir meningkat, maka akan terjadi kasus bayi kuning. Meningkatnya kadar bilirubin pada bayi ditandai dengan rona kuning pada kulit bayi. Peningkatan kadar bilirubin pada bayi biasanya terjadi pada hari ke-3 hingga 5, dan akan mulai menurun di hari ke 7 hingga 10. Kadar bilirubin dalam darah bayi dapat dipecah dengan menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi sehingga kadarnya dapat turun hingga normal.

2.  Menghangatkan Bayi

Sinar matahari pagi sangat berguna untuk bayi, salah satunya yaitu dapat menghangatkan tubuh bayi, sehingga lendir yang ada didalam saluran pernafasan dapat keluar. Hal ini sangat bermanfaat bagi bayi, terutama untuk membantu bayi yang rentan mengalami alergi.

3. Membantu Pembentukan Tulang yang Kuat

Vitamin D tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa, namun bayi juga dapat mengambil manfaat dari vitamin D yang terdapat pada sinar matahari pagi. Bayi juga akan mendapat manfaat yang sama dengan orang dewasa ketika mendapatkan vitamin D. dengan vitamin D tersebut, kalsium dapat diserap dengan lebih mudah sehingga pertumbuhan tulang akan lebih baik dan akan semakin kuat.

Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: