Minggu, 24 Maret 2019

Cara Mengatasi Demam Pada Anak


Demam merupakan salah satu kondisi dimana suhu pada tubuh meningkat tidak seperti biasanya. Kondisi ini sangat sering dialami pada anak-anak. Pada anak yang sehat, demam biasanya bukan menjadi masalah yang serius. Demam merupakan tanda bahwa tubuh sedang berusaha untuk melawan infeksi yang ingin menyerang tubuh anak. Tidak semua demam harus dibawa ke dokter, namun anda juga bisa mengatasi demam dengan mengobatinya dirumah. Namun, demam tinggi biasanya membuat anak tidak nyaman sehingga bisa menyebabkan dehidrasi berat pada anak.
Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Seseorang atau anak bisa dikatakan demam apabila suhu tubuhnya mencapai 37°C atau lebih. Saat demam, biasanya suhu tubuh akan naik-turun, lebih rendah pada saat pagi hari dan lebih tinggi pada malam hari. Kadang, bahkan anak akan menggigil di malam hari karena suhu tubuhnya mulai naik. Hal ini membuat anak tidak bisa merasa tenang dan tidak bisa tidur nyenyak pada malam hari. Hal ini juga yang biasanya membuat khawatir para ibu.

Saat anak demam, sebagai orangtua pastinya akan mengambil tindakan utama yang dapat membantu menurunkan demam anak. Hal ini dapat anda lakukan sebelum anda memutuskan untuk membawanya ke dokter. Beberapa demam bisa sembuh hanya dengan perawatan dirumah, tidak perlu sampai membawanya ke dokter.

Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menurunkan demam :

1. Kompres Dengan Air Hangat

Pada saat anak demam, mengompres anak dengan air hangat mungkin sering dilakukan oleh para orangtua untuk dapat membantu menurunkan demam pada anak. Hal ini merupakan cara yang telah dilakukan secara turun-temurun. Sebenarnya menggunakan cara ini hanya akan menurunkan demam pada anak sementara, bahkan juga mungkin sama sekali tidak bisa membantu menurunkan demam pada beberapa anak.

2. Mandi Menggunakan Air Hangat


Walaupun anak sedang demam, namun anak harus tetap mandi ataupun hanya di lap. Mandi air hangat (29,4 – 32,2°C) dianggap dapat membantu mengatasi demam pada anak. Air hangat yang mengenai kulitanak ketika mandi akan membantu menurunkan suhu tubuh anak sedikit menurun (1-2° C selama 30-45menit). Jika anda menggunakan air dingin untuk mandi anak, justru anak akan menggigil dan membuat suhu tubuh pada anak akan naik.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: