Rabu, 25 Juli 2018

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi

Berat badan bayi yang rendah tentu akan menjadi suatu kekhawatiran tersendiri bagi semua orang tua jika buah hati mengalami kurang gizi, lalu sebagai orang tua pasti akan mencari suatu cara untuk menaikkan berat badan buah hati secara efektif dan aman. 

Dalam membahas berat badan bayi,maka kita harus mengetahu hal ini. Berat badan normal bagi bayi adalah 2500-4500 gram ketika baru lahir,dan akan menurun pada hari-hari awal namun akan kembali meningkat dan normal kembali setelah 10-12 hari. Beberapa penyebab berat badan bayi rendah, antara lain :


# Kurang Asupan

Makanan pokok bagi bayi baru lahir sampai umur 6 bulan adalah ASI, tidak perlu makanan tambahan lain. Namun jika berat badan rendah mungkin bisa ditambah dengan bantuan susu formula. Ketika bayi telah berusia 6 bulan ke atas maka harus ada pendamping ASI(MPASI),karenajika hanya ASI saja tidak cukup. Jadi orangtua akan berperan penting dalam hal asupan gizi karena untuk meningkatkan gizi dan nutrisi yang seimbang pada bayi.

# Bayi Mulai Aktif

Pada usia 6bulan ke atas bayi mulai meningkatkan gerak dan aktifitasnya, dia akan mulai mengangkat kepala,belajar duduk,merangkak,bahkan sampai belajar berjalan. Jadi dalam usia ini bayi harus ditunjang dengan asupan gizi yang seimbang agar kondisi berat badan bayi akan tetap stabil dan tidak terus menyusut.

Cara Meningkatkan Berat Badan Bayi ?


# Meningkatkan Kualitas Dan Kuantitas ASI

Agar dapat meningkatkan berat badan bayi maka ibu harus berupaya meningkatkan kualitas ataupun kuantitas ASI karena dalam usia 6 bulan asupan yang paling berguna adalah ASI. Dengan asupan ibu menyusui yang bergizi dan cukup akan meningkatkan kualitas ASI, selain itu pola hidup sehat, istirahat cukup dan mengendalikan stress juga sangat berpengaruh dalam peningkatan kualitas ASI.

# Pemberian MPASI

Yang Terjadwal Untuk usia bayi diatas 6 bulan pemberian ASI saja tidak cukup,jadi harus ada makanan tambahan atau makanan pendamping ASI (MPASI). Untuk menaikkan berat badan bayi berilah jenis olahan MPASI yang sesuai dengan usia bayi contohnya, bubur nasi tim,bubur saring,dan pada usia satu tahun keatas berilah olahan nasi biasa.

Contoh-contoh makanan bergizi yang bisa diolah menjadi MPASI 

Tempe,ikan,wortel,tahu,telur,bayam dan sebagainya. Atau dapat juga ditambahkan minyak sayur atau keju kedalam MPASI supaya dapat menambah kalori dan variasi rasa. Dalam sehari, umumnya MPASI dijadwalkan sebanyak 2-3 kali dengan porsi yang disesuaikan dengan usia bayi. 

Untuk bayi yang baru belajar makan sehari bisa diberi satu kali sampai bertambah usiaa maka tambahkan porsinya sampai sehari 3 kali, untuk bayi yang lebih besar ibu bisa memberikan camilan bergizi seperti biskuit pada sela-sela jadwal makan yaitu dua kali sehari pada saat menjelang siang dan sore hari.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: