Jumat, 26 Oktober 2018

Tips Merawat Bayi Prematur Di Rumah

Umumnya, lama waktu bayi di dalam kandungan adalah sembilan bulan. Namun lain halnya dengan bayi prematur. Bayi prematur adalah bayi yang terlahir sebelum usia sembilan bulan. Atau menurut pakar kesehatan, disepakati bahwa bayi prematur yaitu bayi yang terlahir kurang dari 37 minggu. 

Merawat bayi prematur secara logika lebih sulit dari pada merawat bayi yang terlahir secara normal. Mengapa demikian ? Karena bayi prematur memiliki sistem organ yang belum sempurna sehingga banyak sekali kemungkinan – kemungkinan terjadi dan umumnya memang bayi prematur banyak mengalami gangguan kesehatan seperti penyakit bayi kuning, gangguan pernapasan, dan juga gangguan pencernaan. 

cara merawat bayi prematur di rumah

Namun terdapat wacana tentang bagaimana merawat bayi prematur dirumah tanpa bantuan alat – alat medis. Namun hal ini juga harus disesuaikan dengan kondisi sereta harus mendapat persetujuan dari dokter. Berikut beberapa tips mengurus bayi prematur di rumah. 

# Metode Kangguru

Apa yang disebut dengan metode kangguru ? dan apa juga tujuannya ? Metode ini adalah dengan menempelkan tubuh bayi dan orang tuanya tanpa kain, kemudian keduanya diselimuti. Hal ini bertujuan untuk menghangatkan bayi dan menjaga kehangatannya tetap stabil. 

# Menyusui dengan teratur

Berbagai macam penelitian telah dilakukan tentang bagaimana khasiat dan pentingnya ASI untuk tumbuh kembang bayi. Tidak terkecuali juga untuk bayi prematur. Bagaimanapun kondisinya, anda harus tetap berusaha untuk memberikan ASI kepadanya. Pemberian ASI pada bayi prematur setidaknya dilakukan 6 hingga 8 kali per hari. 

# Memenuhi kebutuhan istirahatnya

Kebutuhan bayi yang harus dipenuhi selain ASI juga istirahat atau tidur yang cukup. Bayi normal dan bayi prematur tentu tidak sama kebutuhan waktu tidurnya. Bayi prematur memiliki kebutuhan yang lebih banyak dibandingkan dengan bayi yang normal dan usahakan posisi bayi dalam keadaan terlentang waktu tidur. 

# Lindungi dari orang sakit

Jika ada anggota keluarga anda yang sakit, maka perintahkan agar tidak mendekat pada si bayi. Hal ini untuk menghindarkan bayi dari tertular penyakit. Kondisi bayi prematur sangat rawan sekali terserang penyakit karena sistem imunitasnya sangat rendah dan sedang dalam masa perkembangan.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: