Jumat, 22 Maret 2019

Cara Menyusui Dengan Posisi yang Benar

Cara Menyusui Dengan Posisi yang Benar

Bagi ibu yang baru pertama kali menyusui, mungkin akan kebingungan dengan cara menyusui yang benar agar ASI gampang keluar dan agar bayi bisa menyusu dengan lancar. Ibu yang sudah mempunyai anak juga kadang masih merasa jika menyusui itu tidak enak tapi menyakitkan. Mungkin hal ini terjadi karena cara yang ibu lakukan itu masih salah sehingga perlekatannya salah. Perlekatan adalah salah satu syarat penting dalam cara menyusui yang benar.

ASI merupakan kebutuhan pokok bagi bayi yang mengandung nutrisi terbaik yang dapat memenuhi kebutuhannya. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam ASI akan menyesuaikan dengan kebutuhan bayi seiring dengan tumbuh kembangnya. ASI juga dapat meningkatkan kecerdasan bayi.

Setelah bayi lahir, ibu akan segera menyusui untuk pertama kali melalui IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Secara alami, bayi memiliki kemampuan untuk mengisap susu dan insting untuk mencari putting susu yang ada didekatnya. Jadi, tidak heran jika saat IMD bayi yang diletakkan tengkurap menghadap ke payudara ibu, ia akan secara naluriah dapat menemukan putting ibu. Meskipun menyusui adalah hal yang wajar dilakukan oleh para ibu, nmaun masih banyak ibu yang masih kesusahan untuk melakukannya.

Berikut beberapa langkah cara menyusui yang benar agar menyusui dapat lebih mudah untuk ibu dan bayi :

1. Rilekskan tubuh ibu dan ambil posisi yang paling nyaman. Yaitu dengan bersandar atau mengganjal badan ibu dengan bantal untuk mengurangi tekanan di punggung.

2. Selalu topang bagian leher, kepala, punggung, pinggul, dan kaki bayi dengan menggunakan bantal, guling kecil, selimut atau dengan lengan agar bayi lebih nyaman dan untuk mempertahankan posisi tidur bayi yang baik.

3. Posisi kepala bayi harus selalu lebih tinggi dari tubuh dan kakinya agar bayi lebih mudah menelan dan agar ia tidak gampang gumoh setelah menyusu.

4. Pastikan tubuh bayi benar-benar menempel dengan tubuh ibu dan muka bayi dekat dengan payudara ibu sehingga bayi dapat menemukan putting dengan mudah.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: