Senin, 06 Agustus 2018

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Cara Menjaga Kesehatan Gigi - Kesehatan gigi dan mulut merupakan cerminan dari kesehatan tubuh anda. Perawatan gigi tidak hanya sekedar menyikat gigi setiap hari. Perawatan gigi yang buruk juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh anda ketika terjadi infeksi dan radang gusi. Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan gigi anda :

1. Menyikat Gigi Dua Kali Sehari 

Kesehatan mulut yang paling baik dan terutama yaitu gigi yang bersih. Pada pagi hari menyikat gigi adalah berfungsi untuk menjaga kebersihan mulut sedangkan menyikat gigi pada malam hari berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi anda. Dengan menyikat gigi secara rutin juga bisa menghindarkan kita dari sakit gigi. Menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut dapat membantu anda menjaga kebersihan mulut. Setelah makan, bilas mulut untuk menghindari partikel makanan yang menempel di antara gigi dan gusi.

2. Perhatikan Teknik Menyikat

Gunakan teknik yang benar ketika anda menyikat gigi, gerakan yang digunakan ketika menggosok gigi yaitu meliputi gerakan atas bawah serta membersihkan bagian dalam dan permukaan gigi anda. Anda juga harus memperhatikan sikat gigi anda, minimal anda harus mengganti sikat gigi setelah 3-4 bulan pemakaian karena untuk menjaga kesehatan gigi yang baik. Ketika setelah menggunakan sikat gigi, anda juga harus memastikan sikat gigi anda berada pada posisi tegak.

3. Batasi Penggunaan Fluoride 

Pasta gigi dan pencuci mulut biasanya banyak menggunakan fluoride. Fluoride dapat memperkuat enamel dan membuatnya kurang rentan terhadap pembusukan. Tetapi jika kebanyakan menggunakan fluoride akan menimbulkan bintik-bintik putih pada gigi.

4. Menggunakan Benang Gigi

Menyikat gigi saja tidak cukup untuk menjaga kebersihan gigi. Kita harus menggunakan benang khusus gigi yang digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi. Tarik benang gigi dari gusi ke ujung gigi untuk menghilangkan plak.

5. Mengkonsumsi Makanan Sehat 

Diet seimbang termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayur-sayuran dan produk susu akan memberikan nutrisi penting dan dapat mengurangi radang gusi. Anda harus menghindari makanan yang mengandung kaya gula karena bakteri dalam mulut dapat memecah gula dan menyebabkan mulut menghasilkan asam yang dapat mengkikis enamel gigi. Minum-minuman yang mengandung gula dan permen karet yang lengket juga dapat meningkatkan kadar asam dan juga menyebabkan bau mulut.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: